logo blog
Welcome To Blog Tekhnik Blogging
Thank you for your visit on the blog Tekhnik Blogging,
I hope what I share here can be useful and provide motivation to all of us to continue working and doing something that could be useful for many people.

INTERNET DAN KOMPUTER

internet
INTERNET DAN KOMPUTER
A. Pengertian Internet
Internet berasal dari kata Interconnected-networking yang mempunyai
arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkanIP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.TP C /I P secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus
berlangganan ke salah satuI SP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda.
ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet atau penyedia layanan
Internet. Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan
atau Telkom Speedy.
Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

B. Pengertian Intranet
Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang- kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.
Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.




INTERNET DAN KOMPUTER
Internet adalah sebuah jaringan computer yang sangat besar. Agar bisa terhubunga ke jaringan (internet), sebuah computer membutuhkan perangkat keras (hardware) tambahan. Setelah perangkat keras tersebut dipenuhi, computer kita dapat dihubungkan ke internet.

1. Jaringan Komputer (LAN)
Mengakses internet menggunakan jaringan computer local adalah menghubungkan computer ke internet melalui sebuah server jaringan local yang terhubung ke internet. Menghubungkan internet melalui LAN biasaanya banyak dilakukan di perusahaan, laboratorium, sekolah, warnet, dan sebagainya.
Agar dapat mengakses internet melalui LAN, computer yang kita gunakan harus terhubung dalam jaringan tersebut. Untuk dapat terhubung dalam jaringan computer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN Card).
Keuntungan melakukan akses internet melalui LAN adalah biaya untuk akses internet lebih murah. Hal ini disebabkan biaya akses dibagi unutk beberapa computer. Itulah sebabnya biaya yang kita keluarkan untuk mengakses internet dari warnet lebih murah daripada biaya akses dari rumah dengan menggunakan kabel telepon.
Kelemahan dari akses internet melalui LAN adalah jika sedang melakukan aakses yang banyak, akses akan menjadi lambat, terlebih jika bandwidth yang ada terbatas.

Saluran Telepon Langsung
Menghubungkan computer ke internet dengan menggunakan saluran telepon rumah (dial-up) merupakan cara termudah untuk mengakses internet. Namun, untuk melakukan nya kita harus memiliki modem yang terpasang di computer, saluran telepon, dan telah mendaftar di ISP tertentu.
Bila kita menggunakan layanan koneksi internet melalui dial-up, selain membayar biaya langganan ke ISP, kita juga harus membayar biaya pulsa telepon yang kita gunakan setiap kali kita mengakses internet.
Saat ini Telkom telah menyediakan layanan akses internet yang disebut dengan telkomNet Instant. Layanan tersebut memungkinkan kita mengakses langsung ke internet tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. telkomNet Instant menggunakan nomor akses 080989999 dengan user ID “telkomnet@instant” dan password “telkom”. Layanan tersebut dapat digunakan di seluruh Indonesia dengan pembayaran pulsa telepon local. Bila kita menggunakan layanan ini, pembayaran akses internet yang dilakukan akan dibebankan pada pembayaran telepon kita setiap bulannya.
Kecepatan akses dengan menggunakan dial-up dapat mencapai 56 kbps. Namun, biasanya kurang dari kecepatan maksimal, terutama jika jaringan telepon yang digunakan sedang sibuk.
Saat ini, beberapa ISP mendukung layanan koneksi dial-up mereka dengan teknologi kompresi data.
Teknologi tersebut bekerja dengan cara mengompres data yang ingin dikirimkan di saluran telepon dan kemudian pada sisi penerima data tersebut dikembalikan (uncompress) lagi. Hal ini membuat data yang harus dilewatkan di jaringan telepon menjadi lebih kecil, sehingga pengiriman data menjadi lebih cepat. Teknologi tersebut dapat meningkatkan kecepatan pengiriman data menjadi 4-5 kali lebih cepat.
Kelebihan dari koneksi internet menggunakan dial-up adalah aringan yang luas. Asalkan sudah terpasang telepon, kita dapat menggunakan akses ini.
Sedangkan kekurangan dari akses dial-up adalah harga yang masih relative mahal, kecepatan akses yang tidak stabil dan sangat tergantung pada beban percakapan di jaringan telepon, serta mobilitas akses yang mengharuskan kita tetap pada atau tempat.

INTERNET DAN KOMPUTER

Teknologi ADSL
Tenologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) memungkinkan saluran telepon biasa digunakan untuk melewatkan signal digital denga kecpatan tinggi untuk mengirimkan data. Hal ini memungkinkan kita engakses internet dengan kecepatan tinggi. Melalui saluran telepon.
Teknologi ADSL memberikan keuntungan kapada penyedia jasa layanan internet dan juga pelanggan. Penyedia jasa tidak perlu lagi membangun infrastruktur bary untuk mendukung layanan ADSL. Pelanggan tentunya tidak perlu perlu membayar untuk infrastruktur baru tersebut. Asalkan ada saluran telepon, layanan ADSL dapat digunakan.
Koneksi ke internet dengan mengunakan teknologi ADSL memungkinkan kita mendownload data-data dari internet dengan lebih cepat dan efisien. ADSL mampu mengirimkan data-data sampai pada kecepatan 2Mbps ke pengguna yang berjarak 5 km dari sentral telepon.
Kelebhan lain dibandingkan dengan koneksi dialup, sambungan ke internet tidak akan terganggu meskipun ada telepon masuk atau keluar. Demikian juga sebaliknya, telepon masih tetap bisa masuk sekalipun saluran sedang digunakan untuk internet. Dengan kata lain, kita masih tetap dapat menggunakan internet sambil menggunakan telepon secara bersamaan. Hal ini tidak dapat dilakukan dengan koneksi dial-up.

Selain itu keuntungan penggunaan teknologi ADSL adalah :
1. Anda dapat tersambung ke internet, dan tetap dapat menggunakan telepon untuk menerima/menelepon.
2. Kecepatan jauh lebih tinggi dari modem biasa.
3. Tidak perlu kabel telepon baru, ADSL memungkinkan menggunakan kabel telepon yang ada.
4. Beberapa ISP ADSL akan memberikan modem ADSL sebagai bagian dari installasi.

Kelamahan dari teknologi ADSL adalah harga modem yang relative lebih mahal dibandingkan dengan modem untuk dial-up. Selain itu, harga langganan koneksi ADSL masih relative mahal bila hanya digunakan untuk perorangan. Layanan ADSL juga belum tersedia di seluruh daerah, selain itu juga terdapat kelemahan lain diantaranya adalah :

Kerugian ADSL

1. Sambungan ADSL akan bekerja dengan sempurna jika lokasi kita cukup dekat dengan sentral telepon.
    Paling tidak dalam jarak 2-3 km bentangan kabel biasanya cukup aman untuk digunakan ADSL sampai
    kecepatan sekitar 8 Mbps. Teknologi DSL yang baru dapat mengirimkan data pada kecepatan sangat
    tinggi sampai dengan 100 Mbps. Tentunya untuk jarak yang sangat pendek.
2. Sambungan ADSL lebih cepat untuk menerima data daripada mengirim data melalui internet.
3. Kabel tembaga tua dapat menurunkan kualitas sambungan dan menurunkan kecepatan.
4. Jasa ADSL tidak ada diwilayah yang tidak ada kabel telepon.
    Untuk dapat menggunakan ADSL, kita harus menyediakan modem ADSL dan juga terdaftar sebagai
    pelanggan ISP yang menyediakan layanan koneksi menggunakan teknologi ADSL.

INTERNET DAN KOMPUTER
Jaringan TV Kabel
Beberapa perusahaan TV Kabel juga menyediakan layanan akses internet melalui jaringan TV Kabel. Akses internet mengunakan jaringan TV Kabel merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna internet dalam sebuah keluarga, dimana bebrapa orang dapat mengakses internet bersama-sama.
Jaringan TV Kabel dibuat untuk jalur komunikasi data yang lebar. Hal ini mengingat TV Kabel harus melewatkan data gambar bergerak dan suara dengan kualitas tinggi. Jika digunakan untuk internet dengan ukuran data yang hanya dilewatkan jauh lebih kecil, kita akan mendapatkan akses internet yang sangat cepat.
Biasanya, biaya yang dikeluarkan untuk akses internet dengan TV Kabel marupakan satu paket dengan layanan TV kabelnya. Karena itu, pengguna jaringan TV kabel bebas berinternet tanpa harus menambahkan biaya pengeluaran.
Kelebihan mengakses internet dengan menggunakn jaringan TV Kabel adalah kta dapat mengakses internet stiap saat dan bebas dari gangguan elepon sibuk.
Kelemahan dari akses intrnet dengan jaringan TV Kabel adalah hanya tersedia di kota-kota besar itupun terbatas di daerah-daerah tertentu saja yang dijangkau oleh layanan TV Kabel.

GPRS
GPRS (General Packet Radio Sevice) adalah teknilogi pengiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaatkan gelombang radio. GPRS merupakan teknologi komunikasi nirkabel generasi dua setengah (2,5G) yang merupakan perkembangan dari teknolgi GSM (2G).
Sebagai teknologi nirkabel, kita dapat memanfaatkan GPRS untuk mengakes internet dimana saja selama kita dalam jangkauan sinyal GPRS
Kebutuhan industry akan komunikasi yang bergerak menyebabkan GPRS menjadi alah satu eknologi komunikasi data yang banyak digunakan sat ini. GPRS mempunyai elajuan transfer data yang cepat, yang dapat mencapai 115kbps. Walaupun dalam praktiknya, kecepatan transfer data GPRS masih berada pada 25-30 kbps.
Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld computer.
Namun, dalam implementasinya, hal tersebut sangat tergantung faktor-faktor sebagai berikut:
• Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS
• Software yang dipergunakan
• Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan

Komponen Utama
Komponen-komponen utama jaringan GPRS adalah :
• GGSN (Gateway GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Public Data Network), information routing, network screening, user screening, address mapping.
• SGSN (Serving GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS.
Komponen ini berfungsi untuk menghantarkan paket data ke MS, update pelanggan ke HLR, registrasi pelanggan baru.
• PCU : komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS

Cara Kerja

SGSN bertugas :
1. Mengirim paket ke Mobile Station (MS) dalam satu area
2. Mengirim sejumlah pertanyaan ke HLR untuk memperoleh profile data pelanggan GPRS (management mobility)
3. Mendeteksi MS-GPRS yang baru dalam suatu area servis yang menjadi tanggung jawabnya (location management)
4. SGSN dihubungkan ke BSS pada GSM dengan koneksi Frame Relay melalui PCU (Packet Control Unit) di dalam BSC
   
GGSN bertugas :
1. Sebagai interface ke jaringan IP external seperti : public internet atau mobile service provider
2. Meng-update informasi routing dari PDU ( Protokol Data Units ) ke SGSN.
GPRS menggunakan sistem komunikasi packet switch sebagai cara untuk mentransmisikan datanya. Packet switch adalah sebuah sistem di mana data yang akan ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil (paket) lalu ditransmisikan dan diubah kembali menjadi data semula. Sistem ini dapat mentransmisikan ribuan bahkan jutaan paket per detik. Transmisi dilakukan melalui (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP backbone. Karena memungkinkan untuk PLMN pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain maka biaya akses GPRS, secara teori, lebih murah daripada biaya akses CSD.
GPRS didesain untuk menyediakan layanan transfer packet data pada jaringan GSM dengan kecepatan yang lebih baik dari GSM. Kecepatan yang lebih baik ini didapat dengan menggunakan coding scheme (CS) yang berbeda dari GSM.

INTERNET DAN KOMPUTER
GPRS di Indonesia
Perusahaan yang memelopori GPRS di Indonesia adalah:
1. TelkomVentus – PT. Telkom VENTUS adalah brand name untuk Push email yang merupakan layanan jasa nilai tambah dan konvergensi dari layanan surat-menyurat elektronis (email) dan mobile system (cellular/wireless) yang memungkinkan dilakukan relaying terhadap email yang selama ini diterima lewat desktop atau laptop ke smartphone atau PDA phone Dengan menggunakan layanan ini pemilik account email dapat menerima atau mengirimkan pesan elektronis, bukan lagi berupa pesan singkat lewat terminal handphone atau PDA yang dimilikinya. Produk push email adalah sebuah produk yang dapat dianalogikan sebagai ‘memboyong’ semua kemampuan penerimaan dan pengiriman email dari desktop atau notebook ke dalam smartphone atau PDA phone yang terhubung kepada network GPRS (Global Packet Radio Services) atau PDN (Packet Data Network)

2. BlackBerry – PT. Indosat Ditujukan untuk pelanggan Pascabayar Matrix secara korporat wilayah Jabotabek Indosat akan memasang instalasi Blackberry Enterprise Server (BES) pada server perusahaan. Setiap email yang masuk ke inbox email server perusahaan akan di-enkripsi, kemudian di-push ke ponsel melalui jaringan GPRS Indosat. Ponsel yang digunakan adalah ponsel khusus Blackberry seri 7730 yang bergerak dalam jaringan GSM triband 900/1800/1900 Mhz Layanan BlackBerry menyediakan akses nirkabel terintegrasi, baik untuk email, telepon, personal information management (PIM), dan aplikasi data perusahaan.

Cara Pemasangan
Untuk dapat menggunakan GPRS (khususnya pada handphone yang mendukung) diperlukan setting terlebih dahulu. Cara setting GPRS terdapat dari operatornya masing-masing. Untuk menggunakan GPRS di komputer, dapat menyambungkan handphone yang tersetting GPRS itu dengan komputer. Selanjutnya dibutuhkan PC Suite (adalah CD software yang terpaket pada saat membeli handphone mid-end ke atas).
Saat ini, perkembangan GPRS di Indonesia kalah bersaing dengan teknologi 3G yang memang pengembangan lebih lanjut dari GPRS.
Sistem tarif layanan GPRS dilakukan bukan berdasarkan lamanya penggunaan, tetapi berdasarkan besarnya data yang ditransfer.
Teknologi GPRS memungkinkan kita mengakses internet darimana saja. Yang penting adalah kita memiliki sebuah computer, telepon selular yang dilengkapi fasilitas GPRS, dan sebuah SIM Card yang menyediakan jasa layanan GPRS.
Kelemahan dari GPRS adalah untuk mendapatkan koneksi internet secara mobile, kita harus melakukan seting tertentu pada teleon selular kita. Hal ini cukup menyulitkan karena setiap merek handphone dan operator telepon selular mempunyai cara sendiri-sendiri untuk mengaktifkan fasilitas GPRS-nya.

Kelemahan lain dari koneksi internet menggunakan GPRS adaah harga layana yang relative mahal.  
Rata-rata operator memasang tariff sebesar Rp5/kb. Ini berarti jika kita mendownload data sebesar 1MB, ita harus membayar 5×1024 = Rp5.120,00. Bila dibandingkan dengan layanan dial-up, dengan kecepatan download rata-rata sebesar 4kbps saja, untuk mendownload 1 MB kita hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Biaya yang kita keluarkan untuk koneksi 5 menit tersebut hanya 5/60 x Rp 10.000,00 = Rp 834,00.

INTERNET DAN KOMPUTER
WiFi
WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity.
WiFi adalah tekologi jarigan tanpa abel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi WiFi berada pada spectrum 2,3 GHz.
Dengan menggunakan WiFi, kita dapat mengakses internet dengan cepat. WiFi mempunyai kemampuan akses internet hingga 11 Mbps atau lima kali lebih cepat dari akses internet menggunakan 3G.
Karena menggunakan nirkabel, teknologi WiFi cocok dimanfaatkan pada lokasi atau runagan yang selalu diubah-ubah tampilannya.
Agar computer kita dapat tehubung ke internet menggunakan Wifi, computer kita harus dilengkapi dengan WiFi Card atau telah mendukung teknologi WiFi. Kemudian kita kitaberada pada lokasi dimana tersedia signal WiFi atau sering disebut dengan hotspot atau titik poin. Saat ini ada banyak tempat-tempat umum yang telah menyediakan akes layanan koneksi internet menggunakan WiFi.

Ada tiga kmponan yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot, antara lain sebgai berikut :
1. Acces Point ( Titik Akses ) adalah perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan Ethernet yang terdapat di computer. Titik akses memiliki untuk melayani pengguna sebanyak 128 orang. Luas daerah yang dapat dijangkau oleh sebuah titik akses mencapai 25-100 meter.
2. Access Controller (pengendali Akses) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi, mengecek apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
3. Internet Link adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Internet link mempunyai kemampuan koneksi internet sampai kecepatan 512 kbps. Kemampuan koneksi ini digunakan untuk melayani seluruh pengguna dalam satu lokasi.

Kelemahan dari akses internet dengan WiFi adalah akses hanya dapa dilakukan pada derah sejauh 100m dari titik poin. Dan sampai saat ini, hanya tempat-tempat tertentu saja yang sudah dipasang titik poin.
Tempat-tempat tertentu tersebut biasanya adalah kampus, hotel, kafe, bandara, dan tempat-tempat umum lainnya. Saat ini ada banyak mall, kafe, hotel yang menyediakan layanan akses internet menggunakan WiFi secara gratis. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengakes internet sambil nongkrong bersama teman-teman.
Kelemahan lain akses internet melalui WiFi adalah masalah keamanan data. Sekalipun telah dienkripsi (disandikan), data yan dikirim melalui jaringan data mudah ditembus.

Wireless Broadband
Teknologi Wifi memungkinkan kita mengakses internet dengan kecepatan yang tinggi. Namun, syaratnya kita harus berada pada daerah yang dijangkau signal WiFi.
Terbatasnya daerah dengan signal WiFi dan jarak jangkauan dari signal WiFi yang sangat pendek (sekitar 100m) menyebabkan kita hanya dapat menggunakan WiFi di daerah-daerah tertentu saja.
Saat ini sebuah teknologi nirkabel baru sedang dikembangkan yang disebut dengan Wireless Broadband (WiBro).
Namun, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan baru digunakan di beberapa Negara dan belum dipasarkan di Indonesia.
Dibandingka dengan WiFi, WiBro dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik poinnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses WiBro juga masih dapat dilakukan dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatan sampai 60 km/jam.

3G
Layanan 3G dapat diperoleh melalui operator GSM maupun CDMA.
Pada operator GSM, 3G menggunakan teknologi WCDMA. Teknolgi tersebut merupakan evolusi dari teknologi GSM yang kemudian berkembang menjadi GPRS. Kemudian GPRS berkembang menjadi EDGE (Enhanced data rates for GSM Evolution ) dan akhirnya menjadi WCDMA (3).
Sedangkan pada operator CMA, 3G menggunakan teknologi EDV (Evolution Data Optimized). Teknologi ersebut merupakan evolusi dari IS95 20001X (2,5G) berkembang menjadi CDMA20001X EVDO (3G) dan kemudian menjai CDMA20001X EVDV (3G).

Kelebihan dari akses internet menggunakan 3G, selain bandwidth yang lebar, juga dapat didukung dengan teknologi HSDPA ( High Speed Downlink Packet Access).
Teknologi tersebut memungkinkan akses internet mencapai 2,6 mbps atau 40 kali lebih cepat dari akses internet dengan dial-up.

Kelemahan dari teknologi 3G adalah kita hanya bisa mengunakan sebatas pada daerah jangkuan operator penyedia layanan. Saai ini jangkauan layanan 3G msih sangat terbatas.
Operator-operator layanan 3G, seperti Indosat, Telkomsel, dan XL baru bisa menghadirkan layanan di kota-kota besar saja di Indonesia dan masih didominasi di pulau Jawa. Para operator layanan 3G masih harus berpikir dua kali untuk mengembangkan layanan ke daerah-daerah lain yang berpotensi penggunanya kecil, karena biaya investasi yang dikeluarkan untuk membangun infrastuktur sangat besar. Ini berarti derah-daerah lain masih akan lama dijangkau oleh layanan 3G.
     
Kekurangan lain jika ingin menggunakan akses internet dengan layanan 3G adalah perangkat yang digunakan.
Jika kita ingin mengakses layanan internet menggunakan 3G, kita harus mempunyai handphone yang dilengkapi dengan teknologi 3G.padahal, handphone berteknologi 3G harganya masih mahal.
Jaringan 3G tidak merupakan upgrade dari 2G; operator 2G yang berafiliasi dengan 3GPP perlu untuk mengganti banyak komponen untuk bisa memberikan layanan 3G.
Sedangkan operator 2G yang berafiliasi dengan teknologi 3GPP2 lebih mudah dalam upgrade ke 3G karena berbagai network element nya sudah didesain untuk ke arah layanan nirkabel pita lebar (broadband wireless).


INTERNET DAN KOMPUTER
Tobe Continu.....^-^
Enter your email address to get update from Tekhnik Blogging.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

mksh kunjunganya sob....
segera meluncur....ketempat anda

Reply

jadi inget pelajaran ane pas kelas 1 smk :D makasih gan infonya :D

Reply

mksh juga gan kunjunganya :)

Reply

Dah lama karab dengan internet dan komputer tapi baru sekarang benar2 kenal :)

Reply

thx sangat berguna bagi saya...makasih..

Reply

sama sob
mksh juga kunjunganya

Reply

makasi fonya, folbak ya, sofkutuh.blogspot.com

Reply

Wihh..sangat detail banget mas, saya jd curiga nih,jgn2 mas kerja di kantor lepon yach? persis apa yg di ceritain bpk saya klw pas cerita mslh kerjaan. tuh yg mslh radio link sy sedikit paham,coz pas dulu ketika pkl nya di ktr bpk. ehemmm ...... :D

Reply

oh....anak bapak yah,pantes pinter =))

Reply

lengkap infonya :) mantaaaaap

Reply

Mantap ampe mas. Bacaan yang sangat bermutu tinggi.

Reply

Saat ini saya hanya mengandalkan jaringan gprs saja ntah kapan isp masuk sini. Hehehe tq mas infonya sangat menarik.

Reply

makasih juga sob atas kunjunganya.

Reply

makasih kunjungannya mas,maaf baru sempet balas

Reply

makasih kunjungannya sob

Reply

kunjungan sore gan, mampir ke berandaku juga ya http://smanamsby.com. aku menunggu kelanjutan dari posting ini, penasaran hehe ^^

Reply

mksh kunjungannya sob

Reply

Berkomentar disini,berarti anda telah menyetujui DISCLAIMER blog ini Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Tekhnik Blogging - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger